Jumat, 16 Januari 2009




JINTAN HITAM (Nigella sativa Linn)
TINJAUAN DARI KANDUNGAN KIMIA, GIZI, NIRGIZI SERTA MANFAATNYA BAGI KESEHATAN


Oleh :
Fuad Fitriawan



Abstrak



Beberapa penelitian telah banyak dilakukan untuk mengetahui kandungan kimia dan manfaat dari jinten hitam ini, yang konon telah digunakan sejak zaman fir’aun. Masyarakat indonesia banyak menggunakan jinten hitam ini sebagai bumbu penyedap masakan. Zaman Nabi SAW jinten hitam ini digunakan sebagai penambah staminadan obat influensa sehingga dikategorikan sebagai tibb annabawi (obat bagi nabi). Beberapa penelitian modern telah dilakukan untuk mengetahui manfaat secara klinis dari jinten hitam ini, diantara manfaat yang telah diketahui yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, anti tumor, anti histamin, menigkatkan stimulasi air ASI dan masih banyak lagi manfaat dari biji ini.

Key word: Jinten hitam, manfaat

PENDAHULUAN
Jintan yang kerap digunakan bijinya, termasuk sebagai salah satu bahan bumbu dapur berbau khas. Biasanya, masakan-masakan daerah seperti dari Jawa dan Sumatera sering menambahkan bahan ini ke dalam masakannya Jika dibandingkan jintan putih, jintan hitam (Nigella sativa L.) pada mulanya kalah populer di Indonesia. Terutama bagi masyarakat Jawa telah lama memanfaatkan jintan putih sebagai bumbu masakan atau jamu-jamuan, sementara jintan hitam nyaris terlupa. Padahal, khasiat jintan hitam sebagai obat tradisional lebih mumpuni.
Masyarakat Arab sebenarnya telah turun temurun menmanfaatkan jinten hitam ini untuk obat, terutama untuk menambah stamina tubuh, bahkan pada zaman Nabi Muhammad SAW jinten hitam ini telah digunakan di zaman itu, terbukti bahwa Nabi SAW pernah bersabda dalam kitab fath al-barry yang dirwayatkan oleh Bukhori:

حدثنا ‏ ‏عبد الله بن أبي شيبة ‏ ‏حدثنا ‏ ‏عبيد الله ‏ ‏حدثنا ‏ ‏إسرائيل ‏ ‏عن ‏ ‏منصور ‏ ‏عن ‏ ‏خالد بن سعد ‏ ‏قال ‏ ‏خرجنا ومعنا ‏ ‏غالب بن أبجر ‏ ‏فمرض في الطريق فقدمنا ‏ ‏المدينة ‏ ‏وهو مريض فعاده ‏ ‏ابن أبي عتيق ‏ ‏فقال ‏لنا عليكم بهذه الحبيبة السوداء فخذوا منها خمسا أو سبعا فاسحقوها ثم اقطروها في أنفه بقطرات زيت في هذا الجانب وفي هذا الجانب فإن ‏ ‏عائشة ‏ ‏حدثتني ‏أنها سمعت النبي ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏يقول ‏ ‏إن هذه الحبة السوداء شفاء من كل داء إلا من السام قلت وما السام قال الموت

Artinya: ”telah berkata abdulloh bin abi syaibah dari abdulloh dari isroil dari mansur dari khoid bin sa’ad berkata kami telah keluar dan bersama kami ghoib bin abjar yang tiba-tiba jatuh sakit dalam perjalanan hingga sampai madinah, kemudian abi ’atiq berkata ambillah 5-7 biji habbussauda’ (jintan hitam) ini dan tumbuklah kemudian hisapkanlah kehidungnya dengan sedikit minyak pada lubang kanan kemudian lubang kiri, karena sesungguhnya ’aisyah RA telah berkata kepadaku sesungguhnya ia mendengar bahwa Nabi SAW pernah bersabda ”sesungguhnya habussauda’ ini adalah obat dari segala penyakit kecuali assaam, kemudian ’aisyah bertanya apa itu assaamu kemudian Nabi SAW berkata ”yaitu mati” (HR. Bukhori).

Keampuhan jintan hitam menyebar hingga Mesir, Yunani, dan India. Dalam kuburan Tutankhamen ditemukan narasi bahwa jintan hitam dipakai dokter pribadi Firaun sebagai bahan baku minyak dan salep untuk mengobati gangguan pencernaan. Cleopatra dan Nefertiti memakainya untuk merawat kulit agar tetap lembut.Pada 460 SM, Hippocrates menyarankan penggunaan tanaman ini untuk membangkitkan vitalitas dan energi, kenyamanan, serta mengatasi kelelahan tubuh dan psikis. Dioscoredes, ahli fisika dari Yunani, di abad I melaporkan bahwa jintan hitam dipakai untuk mengobati sakit kepala, hidung tersumbat, sakit gigi, meningkatkan produksi ASI, dan menyembuhkan penyakit internis (habbusauda’ wordpress, 2007).
Tahun 980 M, Ibnu Sina dalam The Cannon of Medicine menyatakan Habbatus sauda sebagai perangsang tenaga dan membantu memulihkan kesegaran tubuh, menstimulasi energi, serta membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat. Tahun 1960, Mahfouz dan Badr EI-Dakhakhny, peneliti Mesir, mengisolasi zat aktif nigellone dari minyak atsiri jintan hitam. Peneliti menemukan, dua minyak volatil (cenderung menguap pada suhu dan tekanan normal) dalam jintan hitam adalah nigellone dan thymoquinone. Nigellone mencegah terjadinya kejang otot dan melebarkan saluran pernapasan, sehingga jintan hitam berkhasiat untuk penyakit pernapasan. Nigellone juga bersifat antihistamin, sehingga membantu mengurangi alergi, sedangkan thymoquinone berkhasiat antiradang dan antinyeri. Senyawa ini efektif untuk menggelontor racun tubuh(habbusauda’ wordpress, 2007).
Di tahun yang sama El-Dakhakhny melaporkan bahwa minyak jintan hitam memiliki kemampuan meredakan radang sendi. Penelitian di laboratorium mengungkapkan kandungan minyak nigellone dan thymoquinone dalam jintan hitam bersifat antileukimia. Penelitian lainnya, kedua unsur itu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan efektif untuk mengobati asma dan batuk kering.
Dari hadits di atas kemudian muncul berbagai penelitian modern mengenai habbussauda’ atau jinten hitam ini sehingga ditemukan kandungan kimianya hingga manfaatnya terhadap berbagai macam penyakit diantaranya asma, bisul, cacar air, anti malaria, sebagai bahan pengawet daging, diabetes melitus bahkan sebagai insektisida beberapa serangga. Semua manfaat di atas akan dibahas selanjutnya.

DEVINISI UMUM DAN KLASIFIKASI
Nigella sativa L. merupakan salah satu spesies dari genus Nigella yang memiliki kurang lebih 14 spesies tanaman yang termasuk dalam famili Ranunculaceae. 14 spesies tersebut diantaranya adalah : Nigella arvensis, Nigella ciliaris, Nigella damascena, Nigella hispanica, Nigella integrifolia, Nigella nigellastrum, Nigella orientalis, dan Nigella sativa. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan, Afrika Utara, dan Asia Selatan. Nama lain Nigella Sativa diantaranya adalah : Kalonji (bahasa Hindi), Kezah (Hebrew), Chamushka (Rusia), Habbatus Sauda’ (Arab), Siyah daneh (Persian), Fennel Flower / Black Carraway / Nutmeg Flower / Roman Coriander / Black Onian Seed (English), atau Jintan Hitam (Indonesia) (TOI, 2007).


Adapun klasifikasi umum dari Nigella sativa L. sebagai berikut
Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Ordo : Ranunculales
Family : Ranunculaceae
Genus : Nigella L
Species : Nigella arvensis
Nigella ciliaris
Nigella damascena
Nigella hispanica
Nigella integrifolia
Nigella nigellastrum
Nigella orientalis
Nigella sativa
Gambar 1. Pohon N. sativa L. dan bijinya
(Sumber: wikipedia.com)

Tanaman ini tumbuh liar sampai pada ketinggian 1100 m dari permukaan laut. Biasanya ditanam di daerah pegunungan ataupun sengaja ditanam dihalaman atau ladang sebagai tanaman rempah-rempah. Jintan hitam atau jintan hitam pahit adalah adalah biji berbentuk kerucut berwarna kehitaman yang dihasilkan oleh tanaman berbatang lembut berbunga kuning. Selain itu ada yang dinamakan jintan putih (Cuminum cyminum L. dari suku Apiaceae) yang lebih sering dipakai dalam masakan walaupun dipakai juga untuk jamu-jamu tertentu dan dalam bahasa lnggris disebut cummin (Anonimous, 2008).

KANDUNGAN KIMIA
Kandungan kimia dalam N. Sativa sebagai berikut:
Nilai rata-rata nutrisi
Kandungan black seed per 100gr kadar air
Komposisi minyak essensial (1,4%)
Minyak black seed
Asam lemak
Minyak black seed
Energi (kkal)
531
Carvone
21,1 %
Myristic Asam
(C14:0)0,5 %
Protein (gr)
20,8
Alfa-pinene
7,4 %
Palmitic Asam
(C16:0)13,7%
Thiamin (mg)
1,5
Sabinene
5,5 %
Palmitoleic Asam
(C16:1)0,1 %
Riboflavin (mg)
0,1
Beta-pinene
7,7 %
Stearic Asam
(C18:0)2,6%
Pyridoxine (mg)
0,5
P-cymene
46,8 %
Oleric Asam
(C18:1)23,7%
Niacin (mg)
5,7
lainnya
11,5 %
Linoleic Asam
(C18:2)(omega-6)57,9%
Calcium (mg)
185,9


Linolenic Asam
(C18:3n-3)(omega-3)0,2%
Iron (mg)
10,5


Arachidic Asam
(C20:0)1,3 %
Copper (mg)
1,8




Zinc (mg)
6




Phosporus (mg)
526,5




Folacin (mg)
0,061




Sumber: (Muhsin, 2008)

Adapun fungsi dari tiap komponen senyawa kimi yang terkandung dalam jinten hitam ini sebagai berikut:


Kandungan
Manfaat
Alanine
Anti oksidan, mencegah kanker
Alpha-spinasterol
Anti radang
Arginine
Memperlancar pembuangan urin (diuretic), memperbaiki kualitas sperma, menstimulasi kelenjar pituitary
Ascorbic acid
Anti radang sendi, anti bakteri, anti flu, obat sakit maag, mencegah kanker dan asma
Asparagine
Anti mual, memperlancar pembuangan urine (diuretic)
Beta-sisterol
Anti bakteri, anti kanker, anti tumor
Calcium
Anti alergi, anti osteoporosis
Carvone
Anti septic, mencegah kanker
Chromium
Mengatur metabolisme gula darah, mengatur kepekaan sel terhadap insulin, memecah timbunan lemak
Cobalt
Menstimulasi produksi sel darah merah
Copper
Membantu pembentukan sel darah merah melalui perawatan sumaum tulang belakang
D-limonene
Anti kanker payudara, anti tumor, anti kanker
Fiber
Anti diabetes, anti obesitas, anti tumor, anti maag, mencegah kanker, melindungi jantung, memperlancar buang air besar
Glucose
Anti varises, meningkatkan daya ingat
Glutamic acid
Anti epilepsy
Glycine
Anti tukak lambung, mencegah kanker
Hederagenin
Anti alergi, menjaga kelenturan pembuluh darah, menjaga kekentalan darah, anti radang, anti jamur
Iodine
Mengatur produksi energi tubuh, membakar kelebihan lemak melalui peningkatan metabolisme tubuh, memperbaiki gangguan mental dan bicara, menjaga keadaan kulit rambut dan gigi
Iron
Anti anemia, anti ketidakteraturan siklus menstruasi
Isoleucin
Anti penyakit otak
Leucin
Anti penyakit otak
Linoleic acid
Anti radang tulang sendi, anti eksim, anti alergi, anti ketidakteraturan siklus menstruasi, anti kanker
Magnecium
Mengatur aktivitas syaraf otot jantung, aktifitas enzim, pembentukan tulang dan gigi, dan peran dalam mengubah gula darah menjadi energi
Methionone
Anti eksim, anti kanker, anti oksidan
Myristic acid
Mencegah kanker, pelumas
Nogelione
Anti asma, anti bronchitis, anti alergi, anti kejang usus
Oleic acid
Anti radang, mencegah kanker
Phenylalanine
Anti Parkinson, anti depresi
Phytosterois
Menghambat penyerapan kolesterol, dan menstimulasi pengeluaran kelebihan lemak, menghambat perkembangan tumor pada payudara, usus besar, dan kelenjar prostate, mengurangi radang
Potassium
Anti depresi, anti hipertensi, anti kejang usus, anti lelah, menjaga kesehatan rambut dan kulit
Beta sitosterol
Anti aktifitas karsinogen
Selenium
Nutrisi anti oksidan, mengurangi resiko kanker payudara, paru-paru dan histamine, membantu mengeluarkan racun logam berat dari tubuh, meningkatkan konsentrasi, mempertahankan elastisitas jaringan, membantu penanganan dan penjagaan rambut dari ketombe
Serine
Mencegah kanker
Sodium
Mengatasi hipertensi
Stigmasterol
Membersihkan racun dalam hati, anti radang, anti virus, mencegah kanker, menjaga kualitas ovum
Tannin
Anti tumor, anti bakteri, anti kanker, anti diare, anti disentri, anti oksidan, anti maag, anti virus
threonine
Anti bakteri, anti streptococo
Thymohydroquinone
Anti radang sendi, anti asma, anti bakteri, anti alergi, anti oksidan
Tryptohan
Pereda nyeri, anti cemas, anti pikun, anti hipertensi, anti parkinsone, anti migraine, anti isomnia, anti stress
Thyrosine
Anti Parkinson, mencegah kanker
Thymoquinone
Anti radang sendi, anti asma, anti bakteri, anti oksidan
Vitamin A (beta carotene)
Penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, melembutkan kulit tubuh, memperkuat kekebalan tubuh, dan mengurangi resiko aknker paru-paru
Vitamin B1 (thiamine)
Membantu mencerna karbohidrat, menormalkan fungsi syaraf, otot dan jantung, menstabilkan nafsu makan, mempercepat penyembuhan akibat luka yang terbuka, meningkatkan daya ingat, dan sebagai zat penenang
Vitamin B2 (Riboflafin)
Membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, membantu pembentukan antibody dan sel darah merah, meningkatkan kesehatan tubuh keseluruhan, penting dalam merawat kesehatan penglihatan, kulit kuku dan rambut
Zinc
Anti oksidan, penting untuk mensintesis protein, penyembuhan luka, menjaga keseimbangan basa dalam tubuh, berpengaruh untuk kesehatan kulit dan rambut, mempercepat penyembuhan luka, sebanyak 70 enzim yang ada dalam tubuh mengandung zinc, mekanisme system kekbalan tubuh, memerlukan zinc supaya berfungsi sebagaimana mestinya
(Sumber: Habbussauda’.blogspot.com)

BUKTI RISET MODERN DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

Menguatkan sistem kekebalan
Jinten Hitam (Habbatussauda) dapat meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami (Enomoto, 2001). Evektifitasnya hingga 72 % jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7 %. Dengan demikian mengkonsumsikan Habbatussauda’ dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, Dr Basil Ali dan koleganya dari Collge of Medicine di Universitas King Faisal, mempublikasikan dalam jurnal Pharmasetik Saudi. Keampuhan extract Habbatussauda diakui Profesor G Reimuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian Habbatussauda dapat dijadikan untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.
Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan Kewaspadaan
Dengan kandungan asam linoleat (omega 6 dan asam linoleat (Omega 3), Habbatusssauda merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredarandarah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia (Ezzat, 1994).
Meningkatkan Bioaktifitas Hormon
Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon (Aisyah, 2007).
Menetralkan Racun dalam Tubuh
Racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh (Ilhan and Seckin, 2005).
Anti Histamin
Penelitian dilakukan oleh Abbas (2005), dengan menggunakan ekstrak serat kasar dari N. Sativa untuk mengatasi inflamasi pada paru-paru dan tenggorokan. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dan Habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial. enelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan kristal dari niggelone memberikan efek suppressive.
Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. enelitian lain membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan Dr Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Ia melakukan pengujian terhadap 600vorang yang mederita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan 70 % yang mederita alergi terhadap, sebuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak Nigella (Habbatussauda’). Dalam praktiknya Dr Schleincher memberikan resep habbatussauda’ kepada pasiencyang menderita influenza.
Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Habbatussauda’ mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampun membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin (Musa, et. Al. 2004),.
Melancarkan Air Susu Ibu
Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian di publikasikan dalam literature penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.
Tambahan Nutrisi Pada Ibu Hamil dan Balita
Pada masa pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak akan mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam habbatussauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.
Anti Tumor
Pada Kongress kanker International di New Delhi , minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kangker Immonobiologi Laboratory dai California Selatan, habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody, hal ini diperkuat oleh penelitian Musa, et. Al. (2004), dengan menggunakan ekstrak etanol untuk mengatasi pertumbuhan liar sel secara mitosis dan hasilnya selain berpengaruh siknifikan dalam menghambat pembelahan sel tumor juga bisa digunakan sebagai antioksidan.
Nutrisi bagi manusia
Habbatussauda kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk didalmnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan, Habbatussauda dapat mencukupinya.
Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol memiliki manfaat bagi tubus sebagai integritas membran dan fosfolipit pada hati , namun kelebihan kolesterol terutama LDL dan HDL yang tinggi akan menyebabkan potensi stroke. Penelitian telah dilakukan oleh Akhtar, et. Al (2003) dimana serbuk dari N. Sativa dapat menurunkan kadar kolesterol pada telor ayam.
Anti bisul
Penelitian dilakukan oleh Rajkapoor (2002), menggunakan ekstrak alkohol dari N. Sativa sebagai pereda bisul (anti-bisul) yang menggunakan hewan coba tikus.
Anti insektisida bagi beberapa serangga.
Penelitian mengenai hal ini telah dilakukan oleh Chaubey (2007). Dengan menggunakan minyak esensial dari beberpa spesies termasuk N. Sativa yang menghasilkan dengan minyak esensial N. Sativa dapat menghambat pertumbuhan isnektisida dari lava, pupa hingga dewasa.

PENUTUP

Demikian pemaparan mengenai manfaat jinten hitam (N. Sativa L.) atau dalam bangsa arab dikenal dengan nama habbussauda’ (black seed) yang ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak sekali bagi dunia kesehatan. Sebanarnya manfaat ini telah ada sejak zaman Rosul SAW, namun beberapa penelitian klinis baru dilakukan pada abad akhir ini sehingga masyarakat dunia baru mempercayai akan khasiatnya yang sangat banyak.
Masih banyak manfaat dari jinten hitam ini seperti saat ini masih diteliti pada tataran pre-klinis sebagai anti diabetes.

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, 2007. Manfaat Habbus sauda’. Messege. Aisyah. gmail.com.

Anonimous, 2008. Nigella Sativa . Wikipedia berbahasa Indonesia. www.wikipedia.org/wiki/nigella sativa

Akhtar, MS., Nasir, Z., Abid, AR., 2003. effect of feeding powdered Nigella sativa Linn. Seeds on poultr egg production and their suitability for human consomtion. journal of agryculture. Dept of physiology and pharmacology, univ. Of islamabat. Pakistan pp181-190.

Chaubey, M. K., 2007. Insecticidal activity of Trachyspermum ammi (Umbelliferae), Anethum graveolens (Umbelliferae) and Nigella sativa (Ranunculaceae) essential oils against stored-product beetle Tribolium castaneum Herbst (Coleoptera: Tenebrionidae). African Journal of Agricultural Research Vol. 2 (11), Department of Zoology, Deen Dayal Upadhyay Gorakhpur University, Gorakhpur. pp. 596-600.

Enomoto, s., asano , r., iwahori y., narui t. Okada, y., abdel n., b. Singab., and okuyama, t., 2001. Hematological studies on black cumin oil from the seeds of nigella sativa l. Biol. Pharm. Bull. 24(3) department of natural medicine and phytochemistry, meiji pharmaceutical university,a 2–522–1 noshio, kiyose-shi. tokyo pp 307—310

Ezzat, S. E. D, 1994. The effect of nigella sativa l. Seeds on certain aspects of Carbohydrates and key hepatic Enzymes in serum of rat. Journal of Islamic Academy of Sciences 7:2. Department of Zoology, Faculty of Science at Aswan, University of Assiut, Egypt., pp 93-99

Ilhan, N. and Seckin, D., 2005. Protective effect of nigella sativa seeds on ccl4-induced Hepatotoxicity. F.Ü. Saðlýk Bil. Dergisi 2005, 19(3), Fýrat Üniversitesi, Týp Fakültesi, Biyokimya Anabilim Dalý, Elazýð – TÜRKÝYE Pp 175-179

Imam Bukhori. Hadits tentang habbussauda’. Kitab fath al barry. Dalam www. Al-islam.com

Muhsin, 2005. Manfaat dan kandungan habbussauda’. Blogspot.com
Musa, D., Dilsiz1, N.. Gumushan, H., Ulakoglu2, G., Bitiren3, B., 2004. Antitumor activity of an ethanol extract of Nigella sativa seeds. Biologia, Bratislava, 59/6: 735—740, 2004

Rajkapoor, Anandan R. Jayakar B, 2002. Anti-ulcer effect of Nigella sativa Linn. against gastric ulcers in rats. CURRENT Vinayaka Mission’s College of Pharmacy, Yercaud Road, Kondappanaickanpatti, Salem 636 008, India SCIENCE, VOL. 82, NO. 2, 25 JANUARY 2002

Tanaman Obat Indonesia (TOI), 2007. Profil Jinten Hitam. http://www.tanamanobatindonesia.org/ di akses 15 Oktober 2008

http://www.habbusauda di akses 07 januari 2009

www. Habbusauda’. Wordpress.com di akses 07 januari 2009

www.wikipedia.com/wiki/blackseed di akses 06 Oktober 2008


Tidak ada komentar: